Educational of Indonesian Journal (Edunesia Journal)
Vol 2 No 01 (2025): Educational of Indonesian Journal (Edunesia Journal)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA SMP N 1 LUMBIS KABUPATEN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA

Maharani (Unknown)
Ika Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku sosial siswa SMP N 1 Lumbis Kabupaten Nunukan Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling, karena subpopulasi pada setiap sekolah yang bersifat homogen yaitu pada kelas VIII sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas) dan pengujian hipotesis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII SMP N 1 Lumbis Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05. Hasil analisis diperoleh nilai koefisien regresi variabel kecerdasan emosional bernilai positif yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap perilaku sosial yaitu sebesar 0,880. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kecerdasan emosional dapat mempengaruhi perilaku sosial. Kata kunci: pengaruh, kecerdasan emosional, perilaku sosial

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Ejour

Publisher

Subject

Chemistry Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Educational of Indonesian Journal (Edunesia Journal) is an academic publication that focuses on the field of education in Indonesia. This journal is an important source of information for researchers, academics, educational practitioners, and parties interested in developing and improving the ...