Educational of Indonesian Journal (Edunesia Journal)
Vol 2 No 01 (2025): Educational of Indonesian Journal (Edunesia Journal)

Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa: Studi Deskriptif Siswa SMP Muhammadiyah Kasihan Yogyakarta

Marisa Puji Astuti (Unknown)
Ika Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru Bimbingan Konseling dalam mendisiplinkan peserta didik SMP Muhammadiyah Kasihan. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Kasihan dengan subjek penelitian guru BK sejumlah tiga orang dan siswa sejumlah tiga orang. Jenis penelitian  adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi, kemudian analisis datanya menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkap bahwa upaya yang dilakukan oleh guru BK mencakup layanan bimbingan klasikal, konseling individu, konseling kelompok, dan kerja sama dengan Koordinator Tata Tertib. Layanan yang sering digunakan adalah bimbingan klasikal dan konseling individu dalam menanamkan nilai kedisiplinan dan membantu siswa mengatasi masalah pribadi. Konseling kelompok masih jarang dimanfaatkan, padahal memiliki potensi besar untuk membantu siswa melalui diskusi bersama. Kata kunci: Studi Deskriptif, Guru BK, Kedisplinan  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Ejour

Publisher

Subject

Chemistry Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Educational of Indonesian Journal (Edunesia Journal) is an academic publication that focuses on the field of education in Indonesia. This journal is an important source of information for researchers, academics, educational practitioners, and parties interested in developing and improving the ...