Media Trend: Berkala Kajian Ekonomi dan Studi Pembangunan
Vol 12, No 1 (2017): Maret

Perilaku Konsumsi Rumah Tangga Dan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Makro Ekonomi Kabupaten Bangkalan

Henny Oktavianti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya dalam merumuskan model konsumsi rumah tangga Islam. Pemfokusan pada rumah tangga Islam dinilai penting karena mayoritas penduduk Indonesia adalah Islam. Untuk menunjang hal tersebut peneliti mengambil lokasi penelitian di Pulau Madura (di seluruh kabupaten di Madura), karena wilayah ini mencerminkan kehidupan rumah tangga Islam, dimana nuansa religi Islam sangat kental.Pemodelan konsumsi dinilai penting karena trend masyarakat/rumah tangga dalam keputusan berkonsumsi akan berpengaruh besar pada perekonomian. Faktor-faktor di luar ekonomi, seperti gaya hidup dan lingkungan sering sekali berpengaruh terhadap keputusan masyarakat untuk berkonsumsi. oleh karena itu penelitian ini diperlukan untuk menemukan kebijakan yang tepat menghadapi kondisi perilaku masyarakat yang sedemikian rupa.Output yang ingin dihasilkan dalam penelitian ini adalah model konsumsi rumah tangga dan kebijakan makro ekonomi daerah. Oleh karena itu metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan penggunaan regresi sebagai alat statistic serta menggunakan teknik ekplanatori (explanatory research).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

MEDIATREND

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Economic Development Program provides a platform for researchers who want to publish their research results through "MEDIATREND", the periodical Journal of economic studies and development studies. Journal "MEDIATREND" published two (2) times a year in March and October and can be accessed online. ...