Jurnal Kultur Demokrasi
Vol 5, No 9 (2018): JURNAL KULTUR DEMOKRASI

Persepsi Peserta Didik terhadap Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMPN 16 Bandar Lampung

Janah, Maidatul (Unknown)
Yanzi, Hermi (Unknown)
Nurmalisa, Yunisca (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2018

Abstract

This research was conducted to analyze and explain the Perception Perception Learners on the implementation of the character education SMP Negeri 16 Bandar lampung. The method that used in this research was descriptive method with quantitative approarch. With the subject of research learners SMPN 16 Bandar Lampung amounting to 60 respondents. Data collection techniques using questionnaires and supporting techniques are interviews, documentation and observation.Based on the result of this research indicate: (1) Understanding of the implementation of the character education is not good. (2) Learners responses to implementation of the character education have shown a positive response because they accept and support the character education. (3) Expectation for the implementation of character education to be a forum for conduct good in accordance with values character.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 16 Bandar Lampung. Metode penelitiaan yang digunakaan adalah metode diskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik SMP Negeri 16 Bandar Lampung yang berjumlah 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan : (1) pemahaman terhadap pelaksanaan pendidikan karakter kurang baik. (2) Tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter sudah menunjukan tanggapan positif karena mereka menerima dan mendukung adanya pelaksanaan pendidikan karakter tersebut. (3) Harapan terhadap pelaksanaan pendidikan karakter untuk menjadi wadah untuk bertingkah laku yang baik sesuai dengan nilai-nilai karakter.Kata kunci : karakter, pendidikan, peserta didik

Copyrights © 2018