Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 8, No 2: DESEMBER 2025

Evaluasi Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional: Studi Kasus pada PT Permodalan Nasional Madani Tahun 2020 – 2023

Mawardina, Dwi Suro (Unknown)
Oktari, Vivi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam upaya meningkatkan efisiensi operasional, dengan fokus pada studi kasus PT Permodalan Nasional Madani (PNM). BUMN memainkan peran penting dalam perekonomian nasional, salah satunya dengan menyediakan dana bagi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Keberhasilan pengelolaan keuangan yang baik dapat meningkatkan kinerja operasional perusahaan serta memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumen, dan observasi langsung di PT PNM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan di PT PNM telah dijalankan dengan baik, namun masih terdapat beberapa tantangan terkait dengan transparansi, sistem pelaporan, serta pengelolaan risiko yang dapat mempengaruhi efisiensi operasional. Oleh karena itu, dibutuhkan peningkatan dalam hal pengawasan internal dan penerapan teknologi informasi yang lebih canggih untuk mempercepat proses pengambilan keputusan yang berbasis data. Penelitian ini memberikan rekomendasi terkait strategi pengelolaan keuangan yang lebih optimal untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing PT PNM sebagai BUMN yang berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...