Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 8, No 2: DESEMBER 2025

PENGARUH HARGA SAHAM, VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DAN FREKUENSI PERDAGANGAN SAHAM TERHADAP BID-ASK SPREAD

Rosharlianti, Zulfa (Unknown)
Salsabila, Anggitta (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis pengaruh antara harga saham, volume perdagangan saham, frekuensi perdagangan saham terhadap bid-ask spread pada Perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ 45. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan eksplanatori asosiatif. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), uji pengaruh simultan (F), serta uji pengaruh parsial (t). Populasi penelitian ini adalah seluruh Perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ 45 pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 21 sampel Perusahaan selama 4 tahun, sehingga didapat 84 pengamatan.   Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa variabel Harga Saham, Volume Perdagangan Saham, dan Frekuensi Perdagangan Saham secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Bid-Ask Spread. Sedangkan disimpulkan bahwa variabel Harga Saham memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Bid-Ask Spread, disimpulkan bahwa variabel Volume Perdagangan Saham tidak berpengaruh signifikan terhadap Bid-Ask Spread, dan disimpulkan bahwa variabel Frekuensi Perdagangan Saham berpengaruh signifikan terhadap Bid-Ask Spread.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...