Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting dalam mengembangkan landasan kognitif dan kreativitas anak. Namun, pembelajaran di PAUD masih didominasi oleh pendekatan tradisional yang kurang menumbuhkan daya imajinasi dan rasa ingin tahu anak. Kendala tersebut diatasi melalui program pengabdian kepada masyarakat melalui metode pembelajaran berbasis STEAM (Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni, dan Matematika) bagi siswa PAUD. Pendekatan metode ini menggunakan media loose part yang fleksibel, aplikatif, dan menyenangkan. Inisiatif ini bertujuan untuk melibatkan guru-guru PAUD Tunas Bangsa Manyaran di Kota Semarang. Strategi pelaksanaannya meliputi pengadaan materi loose part, pemasangan film pembelajaran pada perangkat digital, pemberian pelatihan intensif kepada lima orang guru, dan pendampingan praktik di kelas. Kegiatan ini menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kompetensi instruktur dalam merancang pembelajaran integratif berbasis STEAM. Guru dapat memadukan teknologi informasi dan perangkat lunak lepas untuk menumbuhkan lingkungan belajar yang dinamis dan kreatif. Kegiatan ini juga merangsang keinginan anak-anak untuk lebih terlibat dalam menemukan dan mengembangkan makna pembelajaran melalui kegiatan terstruktur. Singkatnya, strategi ini efektif dan dapat ditiru di sekolah PAUD lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis lingkungan dan teknologi.
Copyrights © 2025