Idarah: Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol 2 No 2 (2025): Idarah: Jurnal Manajemen Pemasaran

Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform Tiktok Shop Oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2022 Universitas Negeri Surabaya

Putri, Kenshawitri Febrian Prasetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap keputusan pembelian siswa pada platform TikTok Shop. Latar belakang penelitian ini berangkat dari meningkatnya tren belanja online di kalangan pelajar yang tidak hanya didorong oleh kebutuhan, tetapi juga faktor kesenangan, hiburan, serta gaya hidup konsumtif yang muncul akibat paparan konten digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 78 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2022 Universitas Negeri Surabaya yang pernah berbelanja di TikTok Shop dalam 1–6 bulan terakhir. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, serta uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hedonic Shopping Value tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan Shopping Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa. Temuan ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian siswa lebih dipengaruhi oleh gaya hidup belanja dibandingkan motivasi kesenangan emosional. Penelitian ini memberikan paksaan bagi pelaku usaha dan pemasar agar lebih memperhatikan tren gaya hidup konsumen muda dalam menyusun strategi pemasaran secara digital. Kata kunci: Nilai belanja hedonik; Gaya hidup belanja; Keputusan pembelian; Toko TikTok; Mahasiswa.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Idarah: Jurnal Manajemen Pemasaran merupakan jurnal yang fokus dan ruang lingkupnya mempublikasikan artikel ilmiah tentang Manajemen Pemasaran yang merupakan hasil penelitian ilmiah dari berbagai akademisi dan peneliti yang belum dipublikasikan di tempat ...