IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol. 8 No. 3 (2025): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 8 No 3 November 2025

Pengembangan Produk Obi Belt Berbahan Ulos Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif

Hutabarat, Apriani (Unknown)
Angin, Emia Perangin (Unknown)
Silitonga, David Christian (Unknown)
Dewi Lubis, Putri Kemala (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Pengembangan produk obi belt dari bahan ulos bertujuan membuat inovasi dalam fesyen yang menggabungkan nilai budaya tradisional dengan kebutuhan pasar saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Design Thinking, yaitu lima tahapan yaitu empati, definisi, ide, prototipe, dan pengujian. Data diperoleh melalui wawancara dengan mahasiswa dan observasi langsung di Galeri Ulos Sianipar. Hasil penelitian menghasilkan produk obi belt ulos yang ditujukan untuk usia 17 sampai 35 tahun, termasuk pelajar, mahasiswa, pekerja muda, serta kalangan dewasa seperti pengajar dan ibu-ibu. Produk ini tidak hanya menawarkan keindahan dan fleksibilitas dalam penggunaannya, tetapi juga menjadi cara untuk melestarikan budaya Batak. Strategi pemasaran yang digunakan melalui platform digital dan penentuan harga yang berbeda terbukti efektif dalam menjangkau pasar sasaran. Pengembangan produk ini berhasil menciptakan dampak ganda, yaitu melestarikan budaya dan meningkatkan ekonomi kreatif lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...