Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah di MIN 2 Palangka Raya melalui metode suku kata. Latar belakang kegiatan ini adalah masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengenal huruf, menggabungkan suku kata, dan memahami bacaan sederhana. Pendampingan dilakukan secara langsung (direct mentoring) dengan pendekatan menyenangkan dan interaktif seperti membaca bersama, permainan kata, serta latihan mengeja. Kegiatan dilaksanakan selama dua bulan dengan melibatkan 75 siswa dan 5 mahasiswa pendamping. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan rata-rata kemampuan membaca sebesar 23,4% dari pre-test ke post-test. Selain peningkatan kemampuan fonetik, siswa juga menunjukkan perubahan positif dalam motivasi dan kepercayaan diri membaca. Dengan demikian, metode suku kata efektif diterapkan dalam pembelajaran literasi dasar dan layak dijadikan model pendampingan berkelanjutan di sekolah dasar.
Copyrights © 2025