Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)
Vol. 3 No. 2 (2025): Desember

IMPLEMENTASI MIKROTEACHING PADA SISWA MTS TERPADU BERKAH KELAS 8 DI LABORATORIUM UIN PALANGKA RAYA: STUDI KASUS PADA MATERI JARINGAN DAN OTOT

Respi (Unknown)
Nanik Lestariningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 8 MTs Terpadu Berkah terhadap materi jaringan dan otot melalui penerapan metode mikroteaching di Laboratorium Biologi UIN Palang Raya. Mikroteaching diterapkan dengan memadukan praktik laboratorium dan kegiatan mengajar teman sebaya, sehingga siswa dapat belajar secara aktif, mengamati struktur jaringan dan otot, serta menyampaikan materi secara sistematis. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan, keterampilan laboratorium yang lebih baik, serta kemampuan komunikasi dan presentasi yang meningkat. Selain itu, siswa menunjukkan motivasi belajar tinggi dan partisipasi aktif dalam setiap tahap kegiatan. Integrasi mikroteaching dengan praktik laboratorium menciptakan pengalaman belajar yang aplikatif dan interaktif, sehingga materi yang bersifat konseptual dapat dipahami dengan lebih baik. Kesimpulannya, mikroteaching terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan praktikum, dan sikap positif siswa terhadap pembelajaran Biologi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) Jurnal ini memuat hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu antara lain pendidikan, ekonomi, teknik, pertanian, sosial, humaniora, dan komputer. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu Februari, April, Juni, ...