Permasalahan pada penelitian ini ialah kurangnya kedisiplinan siswa masuk kelas tidak tepat waktu, peserta didik yang kurang bersahabat dengan temannya dan kurangnya antusias peserta didik dalam mata pelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas, untuk mengetahui implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya dan mengetahui solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggumpulkan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Manajemen kelas di SMP Negeri 18 Buton Tengah sudah terlaksana dengan cukup baik dalam penerapannya di setiap kelas serta mematuhi peraturan yang disepakati bersama guru; (2) implementasi yang dilukakan oleh pihak sekolah adalah dengan membangkitkan motivasi disiplin peserta didik dengan cara menciptakan suasan kelas yang menarik; (3) Faktor penunjang manajemen kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu lingkungan sekolah yang baik serta guru yang kompeten; (4) Faktor penghambat manajemen kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, disebabkan kurangnya kesadaran dari peserta didik; dan (5) Solusi mengatasi faktor penghambat manajemen kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 18 Buton Tengah yaitu dengan melakukan pendekatan kepada siswa.
Copyrights © 2025