Jurnal Gramatika
Vol 4, No 1 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP PGRI SUMATERA BARAT

Afrini Rahmi (stkip pgri sumatera barat)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan membaca pemahaman bagi mahasiswa keguruan sebagai calon pendidik. Kemampuan membaca pemahaman yang sangat minim berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswa menjelaskan materi atau pokok bahasan dalam perkuliahan maupun kemampuan menjelaskan materi di dalam kelas nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2016 sebanyak 220 orang. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian berupa tes unjuk kerja dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining Center (SFAE) mampu meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa. Selain itu model pembelajaran ini juga melatih kemampuan berbicara mahasiswa dalam menjelaskan materi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-gramatika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The purpose of this journal is to publish scientific works for lecturers, researchers, students, and practitioners in Indonesia or abroad to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The results of research development of language ...