Jurnal Gramatika
Vol 4, No 1 (2018)

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA KELAS XI SISWA SMA N 5 SURAKARTA

Arief Yuandana Sinaga (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan alasan masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis, khususnya menulis teks cerpen. Hal ini disebabkan karena guru kurang terampil dan kreatif dalam menentukan strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh SPPKB dan strategi pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan menulis teks cerpen pada siswa kelas XI SMA N 5 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji hipotesis. Analisis data yang telah dilakukan dijabarkan sebagai berikut. Pertama , kemampuan menulis teks cerpen siswa yang diajar dengan SPPKB memperoleh nilai rata-rata 77,43 dengan rentang skor 70-84 dikategorikan baik Kedua, kemampuan menulis teks cerpen siswa yang diajar dengan strategi ekspositori memperoleh nilai rata-rata 67,81 dengan rentang skor 55-69 dikategorikan cukup. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pada pengunaan SPPKB dan strategi pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan menulis teks cerpen pada siswa kelas XI SMA N 5 Surakarta karena t hitung (6,73)> t tabel (1,67). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa SPPKB baik digunakan pada pembelajaran menulis teks cerpen.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-gramatika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The purpose of this journal is to publish scientific works for lecturers, researchers, students, and practitioners in Indonesia or abroad to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The results of research development of language ...