Perkembangan teknologi dan arus informasi yang begitu cepat seringkali tidak disertai dengan kesiapan masyarakat dalam menyaring nilai-nilai yang masuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter dalam kumpulan cerpen Enam Belas Warna Keikhlasan karya Habiburrahman El Shirazy, dan mendeskripsikan relevansi nilai karakter dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa hasil kutipan kalimat yang mengandung nilai-nilai karakter dalam kumpulan cerpen Enam Belas Warna Keikhlasan dan relevansinya. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan cerpen Enam Belas Warna Keikhlasan karya Habiburrahman El Shirazy dan dokumen terkait Profil Pelajar Pancasila. Teknik pengumpulan data studi pustaka, baca analitik, pencatatan sistematis. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampel. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis isi dan teknik analisis dialektik dengan pendekatan sosiologi sastra. Teknik digunakan untuk mengungkap hubungan antara unsur karya sastra dan realitas melalui telaah teks sastra secara berulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tujuh cerpen dalam kumpulan Enam Belas Warna Keikhlasan mengandung nilai-nilai karakter yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab, 2) Nilai karakter dalam tujuh cerpen relevan dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang terletak pada dimensi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, kemandirian, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif. Kata Kunci: Nilai Karakter; Sastra Anak; Profil Pelajar Pancasila
Copyrights © 2025