AGRIEKONOMIKA
Vol 6, No 1: April 2017

HUBUNGAN PENDAPATAN KONSUMEN DAN MOTIVASI PEMBELIAN TELUR AYAM BERLABEL DI KAWASAN YOGYAKARTA

Sri Sari Utami (Universitas Muhammadiyah Bandung)
Jangkung Handoyo Mulyo (Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) Universitas Gadjah Mada)
Lestari Rahayu Waluyati (Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2017

Abstract

ABSTRAKTrend konsumsi pangan sehat kini terus meningkat terutama di negara-negara berkembang termasuk di Indonesia. Minat masyarakat mengkonsumsi pangan sehat tersebut menjadi peluang bagi para produsen untuk terus mengembangkan produknya. Telur ayam berlabel merupakan telur ayam premium yang dijual dengan kemasan dan label tertentu. Kualitas telur ayam ini diklaim mempunyai keunggulan dibanding telur ayam ras. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan pendapatan dan motivasi pembelian telur ayam berlabel di kawasan Yogyakarta. Responden merupakan konsumen telur ayam berlabel yang melakukan pembelian telur berlabel secara rutin. Responden terdiri dari 50 orang yang dipilih dengan teknik inisidental sampling. Hubungan pendapatan dan motivasi pembelian telur ayam berlabel dihitung dengan Uji chi Square. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsumen pada berbagai tingkat pendapatan mempunyai motivasi yang tinggi untuk melakukan pembelian telur ayam berlabel . Berdasarkan hasil tersebut diketahu bahwa tidak terdapat hubungan antara pendapatan dan motivasi pembelian telur ayam berlabel.ABSTRACTThe Trend of healthy food consumption has continuously increased, especially in developing countries, including Indonesia. Public interest in consuming healthy food is an opportunity for producers to develop products. Labeled Chicken eggs is a premium chicken eggs with a specific packaging and labelling. The quality claimed have more advantages compaed to bulk chicken eggs. The aim of this research was to determine the influence of income toward purchase intention of labeled chicken eggs in Yogyakarta. Respondents that used are labelled egg consumers that purchase regularly. respondents consist of 50 people that chosen by incidental sampling techniques. Relations of consumer income and purchase intention calculated by Chi Square Test. Chi Square test is a test of cross tabulation were used to examine the relationship between variables. The result show that consumers at all income levels have a high purchase intention in labeled eggs. Based on these results means that there is no relationship between income and purchase intention of labeled eggs.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

agriekonomika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

AGRIEKONOMIKA, terbit dua kali dalam setahun yaitu pada April dan Oktober yang memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian bidang sosial, ekonomi dan kebijakan pertanian dalam arti ...