FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 27 No. 4 (2025): Oktober

Peran Kepuasan sebagai Variabel Mediator dalam Hubungan antara Atribut Toko dan Pengalaman Pelanggan terhadap Niat Membeli Kembali pada Generasi Z

Fitriyani, Siti (Unknown)
Martiyanti, Dwi (Unknown)
Ambarita, Nita Priska (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana atribut toko dan pengalaman pelanggan memengaruhi niat membeli kembali pada Generasi Z, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediator. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden Gen Z, kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Squares (PLS) untuk melihat hubungan antarvariabel secara lebih komprehensif. Hasil analisis menunjukkan bahwa atribut toko dan pengalaman pelanggan berpengaruh positif terhadap kepuasan, dan kepuasan terbukti memediasi pengaruh keduanya terhadap niat membeli kembali. Temuan ini menegaskan bahwa semakin baik persepsi Gen Z terhadap toko dan pengalaman belanja, semakin tinggi kepuasan yang mereka rasakan, yang pada akhirnya mendorong keinginan mereka untuk melakukan pembelian ulang

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

FORUMEKONOMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi is a scientific journal that focuses on research and studies in the fields of economics, management, and accounting. This journal is published periodically four times a year, namely in January, April, July, and October. This journal is managed ...