AbstrakIklan merupakan salah satu produk media massa yang digunakan sebagai mediapemasaran. Ketika iklan menggunakan Perempuan berhijab sebagai model iklannya, maka akanmengubah pandangan masyarakat terhadap Perempuan berhijab. Dalam hal ini, pandangan yangditonjolkan adalah iklan yang menggunakan Perempuan berhijab. Iklan yang dianalisis dalampenelitian ini adalah iklan kosmetik Sophie Paris âNatural & Halalâ 2014 dan Karina Nadilasebagai brand ambassadornya. Tujuan dari penelitian ini untuk menegaskan bahwa memangterdapat komodifikasi yang bertujuan untuk menarik minat konsumen dalam meningkatkanpenjualan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis isi dengan pendekatan kualitatif.Analisis yang digunakan adalah Semiotika menurut Charles Sanders Pierce. Data utama yangdigunakan adalah video iklan kosmetik Sophie Paris âNatural & Halalâ dandata pendukung yangdigunakan diperoleh dari dokumentasi yang berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karyamonumental dan beberapa buku atau jurnal yang terkait dengan penelitian komodifikasi,periklanan, hijab. Iklan kosmetik Sophie Paris âNatural & Halalâ menjadikan hijab sebagaisebuah nilai jual (komoditas) dan kepentingan tertentu untuk mendapatkan sebuah keuntungan.Setelah dilakukan analisis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komodifikasi yang munculpada iklan kosmetik Sophie Paris âNatural & Halalâ adalah komodifikasi konten yang terlihatdari tanda-tanda dan makna dari penggambaran cerita tersebut. Penggunaan hijab yangdikomodifikasikan menyebabkan iklan mengalami pergeseran dari nilai fungsi ke nilai tukar. Dimana nilai fungsi hijab yang seharusnya dipergunakan untuk beribadah kepada Allah, namundalam kenyataannya dijadikan sebagai pengeruk keuntungan yang berlimpah untuk sebuahperusahaan.Kata Kunci: Komodifikasi, Hijab, Iklan Televisi.
Copyrights © 2016