AbstrakRendahnya kualitas pelayanan birokrasi di Indonesia terjadi di semua organisasi ataubirokrasi pemerintahan sebagaimana sering diberitakan di berbagai media massa, antara lain dilingkungan pemerintahan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ketidakjelasan penyampaian informasiserta ketidaksetaraan antara masyarakat dan birokrasi dalam berkomunikasi merupakan salah satumasalah yang menjadi penyebabnya. Pada jangka panjang ini akan berimbas pada ketidakmampuanpemerintah dalam mewujudkan tata laksanan pemerintahan yang baik (good governance).Penelitian ini mencoba menganalisis berbagai gejala sosial yang terlihat dalam alurkomunikasi birokrasi, sehingga dapat diketahui secara ilmiah tentang implikasi komunikasibirokrasi atas kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dan ketergunaan konsep serta modelkomunikasi birokrasi terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Bandung.Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang erat antara komunikasi birokrasi dengankualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Ini mengindikasikan elemen-elemen dalam komunikasibirokrasi berpengaruh besar terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.Kata kunci: Komunikasi birokrasi, pelayanan publik.
Copyrights © 2017