JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK)
Vol 9, No 2 (2025): November (in progress)

Peran Alat Peraga dan Permainan Edukatif sebagai Media Pembelajaran untuk Menstimulasi Minat dan Kecerdasan Literasi Siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya

Setyati, Endang (Unknown)
Nugroho, Yulius Widi (Unknown)
Gunawan, Tjwanda Putera (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Pendidikan di Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk menemukan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif, terutama dalam meningkatkan literasi pada jenjang sekolah dasar. Program pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada mitra SD Muhammadiyah 4 Surabaya, di mana teridentifikasi permasalahan berupa rendahnya minat dan kecerdasan literasi siswa kelas rendah serta keterbatasan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif. Solusi yang ditawarkan adalah pemberdayaan guru melalui pelatihan dan workshop untuk merancang, membuat, dan mengimplementasikan Alat Peraga dan Permainan Edukatif (APPE) yang murah, mudah direplikasi, dan efektif. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar literasi, serta memberdayakan guru dengan keterampilan praktis yang berkelanjutan. Kegiatan ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) ke-4, yaitu Pendidikan Berkualitas, dengan memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas bagi semua. Diharapkan, program ini tidak hanya memberikan dampak langsung di sekolah mitra tetapi juga menjadi model yang dapat diadopsi oleh sekolah lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpp-iptek

Publisher

Subject

Other

Description

JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), diterbitkan secara daring (online), setahun 2 (dua) kali pada bulan Mei dan November oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Jurnal ini memuat publikasi hasil pengabdian, pemberdayaan, serta ...