Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

IMPLEMENTASI KEGIATAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA BUKU NON PELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN DAYA BACA DI SD NEGERI 2 PENEDAGANDOR

Aldi Pratama (Unknown)
M. Deni Siregar (Unknown)
Marhaeni (Unknown)
Nadiatussaadah (Unknown)
Siti Fatmawati (Unknown)
Surayya Nur Afifah Mardhotillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2025

Abstract

Hasil observasi masih banyak peserta didik Sd Negeri 2 Penedagandor yang menunjukkan minat baca rendah serta kedisiplinan belajar yang belum optimal, di mana sebagian peserta didik belum bisa menceritakan Kembali apa yang dibaca, kurang memahami makna yang dibaca, cepat merasa bosan dalam membaca dan masih kurang disiplin dalam mengikuti kegiatan literasi yang telah dijadwalkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dalam implementasi kegiatan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca buku non pelajaran dalam meningkatkan dua aspek sekaligus, yaitu daya baca dan kedisiplinan peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai ialah thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca buku nonpelajaran dapat meningkatkan kedisiplinan dan daya baca peserta didik di SDN 2 Peneda Gandor, Adapun peningkatanya ialah sebesar 70 persen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...