Hasil observasi masih banyak peserta didik Sd Negeri 2 Penedagandor yang menunjukkan minat baca rendah serta kedisiplinan belajar yang belum optimal, di mana sebagian peserta didik belum bisa menceritakan Kembali apa yang dibaca, kurang memahami makna yang dibaca, cepat merasa bosan dalam membaca dan masih kurang disiplin dalam mengikuti kegiatan literasi yang telah dijadwalkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dalam implementasi kegiatan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca buku non pelajaran dalam meningkatkan dua aspek sekaligus, yaitu daya baca dan kedisiplinan peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai ialah thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca buku nonpelajaran dapat meningkatkan kedisiplinan dan daya baca peserta didik di SDN 2 Peneda Gandor, Adapun peningkatanya ialah sebesar 70 persen.
Copyrights © 2025