Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

Kritik Postmodernisme terhadap Pendidikan Modern: Implikasi bagi Pembentukan Manusia Seutuhnya

Asep Sujana (Unknown)
Adang Sutarman (Unknown)
Sholeh Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2025

Abstract

Artikel ini mengkaji kritik postmodernisme terhadap paradigma pendidikan modern yang rasionalistik, seragam, dan mekanistik. Pendidikan modern dinilai gagal membentuk manusia seutuhnya karena lebih menekankan aspek kognitif dan instrumental dibandingkan dimensi afektif dan spiritual. Melalui pendekatan kualitatif berbasis kajian pustaka, tulisan ini menelaah pergeseran paradigma dari modernisme menuju postmodernisme serta implikasinya terhadap pembentukan manusia seutuhnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa postmodernisme menawarkan model pendidikan yang lebih humanis, reflektif, dan pluralistik, yang menghargai keberagaman, kebebasan berpikir, dan makna belajar yang kontekstual. Pendidikan semestinya menjadi ruang pembebasan dan pembentukan kesadaran manusia agar berpikir kritis, berempati, serta memiliki kesadaran spiritual dalam memahami kehidupan. Kata Kunci: Postmodernisme, Pendidikan Modern, Manusia Seutuhnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...