Penelitian ini menganalisis secara mendalam manajemen layanan bimbingan dan konseling (BK) di MA Al-Inayah Bandung dengan meninjau proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program. Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui studi dokumentasi dan wawancara dengan guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan BK berjalan berdasarkan kerangka yang sistematis sesuai standar nasional serta visi madrasah yang menekankan pembinaan karakter. Program tahunan dan semester tersusun dengan baik untuk menjawab kebutuhan siswa yang meliputi aspek akademik, emosional, perilaku, serta literasi digital. Pelaksanaan layanan mencakup bimbingan klasikal, layanan responsif, konseling individu, perencanaan karier, dan kolaborasi dengan wali kelas serta lembaga eksternal. Pembahasan menunjukkan bahwa manajemen BK di madrasah ini telah menerapkan prinsip-prinsip manajemen pendidikan dan standar layanan BK modern, terutama dalam pengembangan peserta didik, strategi preventif-interventif, dan penguatan karakter. Secara keseluruhan, layanan BK berkontribusi besar dalam menciptakan iklim sekolah yang mendukung perkembangan akademik dan sosial siswa.
Copyrights © 2025