Banyak lembaga pendidikan masih menggunakan metode manual dalam menangani aspek administratif sekolah. Metode manual masih digunakan untuk mengelola pendaftaran siswa baru dan melacak informasi dasar sekolah di TK Islam Arrahman di Slogohimo, yang mengakibatkan kesalahan data, efektivitas administratif yang buruk, dan keterlambatan yang lama dalam memperoleh informasi. Karena banyaknya siswa, pengawasan administratif sulit dilakukan tanpa sistem informasi terpadu, dan orang tua juga kesulitan memperoleh data yang mereka butuhkan tentang identitas dan kurikulum sekolah. Oleh karena itu, aplikasi seluler yang menyederhanakan pendaftaran siswa dan meningkatkan pengaturan serta aksesibilitas data profil sekolah perlu dibuat. Dengan menggunakan metodologi Waterfall, penelitian ini dimulai dengan langkah-langkah seperti analisis, perancangan sistem, implementasi, dan penjaminan mutu. Temuan penelitian ini menghasilkan pembuatan aplikasi seluler yang memungkinkan pendaftaran siswa baru secara daring, memiliki tampilan data yang terstruktur dengan baik, dan menawarkan sumber informasi sekolah yang jelas dan ramah pengguna.
Copyrights © 2025