Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 4 (2026): November - January

Pengaruh Efek Halo: Agresivitas Pajak, Ulasan Pihak Ketiga Laporan CSR, dan Tekanan Stakeholder Pelanggan (Studi Kasus pada Sektor Energy di BEI)

Dewi, Ni Ketut Utami (Unknown)
Nusantari, Dewa Ayu Mas Putriari (Unknown)
Oktavina, Sinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ulasan pihak ketiga laporan CSR pada Agresivitas Pajak dan pengaruh tekanan stakeholder pelanggan dalam kemampuannya memperkuat pengaruh ulasan pihak ketiga laporan CSR pada Agresivitas Pajak. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor energy yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 147 amatan. Data diperoleh dari laporang keberlanjutan, laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan dan di analisis menggunakan software SmartPLS3. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan moderated regression analysis yang diestimasi dengan SEM-PLS. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Ulasan pihak ketiga terkait laporan CSR yang disampaikan oleh perusahaan dalam laporan keberlanjutan tidak mencerminkan kinerja CSR yang sesungguhnya. Informasi CSR yang diungkapkan perusahaan belum tentu mencerminkan kondisi yang sebenarnya, karena pengungkapan tersebut lebih terkait dengan kewajiban perusahaan dan bukan sebagai bentuk strategi penghindaran pajak. Menurut teori legitimasi organisasi, perusahaan tidak hanya memperhatikan hak investor, tetapi juga hak masyarakat. Kedua, membuktikan bahwa stakeholder pelanggan (penjualan) berpengaruh negatif dan signifikan atau dapat memperkuat pengaruh ulasan pihak ketiga laporan CSR pada agresivitas pajak ke arah negatif sehingga terbebas dari efek halo. Stakeholder pelanggan mampu menganalisis kerelevansian antara aktivitas dengan informasi yang diungkapkan dalam laporan CSR sehingga dapat menurunkan Tingkat agresivitas pajak perusahaan.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...