Jurnal Al-Khitabah
Vol 3 No 3 (2017)

STUDI PARADIGMA NARATIF WALTER FISHER PADA AKTIVITAS “NONGKRONG” DI KALANGAN REMAJA MADYA

Muhammad Sultan (UNSUD Purwokerto)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Remaja dan aktivitas "nongkrong" adalah dua hal yang sangat melekat sekarang.Bahkan, aktivitas "nongkrong" juga mempengaruhi pembentukan identitas diri remaja tengah.Ketika mereka melakukan aktivitas "nongkrong" dan berbagi cerita, rekan-rekan mereka bisamenjadi pengaruh positif atau negatif. Jika pengaruh memperoleh positif, maka remaja dapatmembentuk identitas diri yang positif juga. Namun, jika rekan-rekan memberi pengaruhnegatif, maka remaja dapat mengalami krisis identitas dan jatuh ke dalam hal-hal negatif.Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengangkat topik penelitian mengenai deskripsiparadigma naratif antara remaja tengah dalam aktivitas "nongkrong", untuk mengetahui polapikir remaja tengah dalam menyaring cerita. Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwaremaja menengah yang menjadi subjek penelitian memiliki pola pikir yang positif. Dimanadapat dilihat dari jawaban subjek yang membuat isi dari nilai-nilai positif dalam cerita sebagaiindikator sebuah cerita yang masuk akal dan alasan dalam memilih cerita yang bagus.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keluarga dan lingkungan sekolah merupakanlingkungan yang sangat mempengaruhi pola pikir remaja tengah. Itu karena mulai darikeluarga, remaja mendapatkan bimbingan positif dan masukan, dan dapat menyaringpengaruh yang diperoleh dari lingkungan sosial di mana mereka tumbuh. Di lingkungansekolah, banyak remaja berkumpul dan bergaul dengan rekan-rekan mereka yang memilikilatar belakang serta pola pikir yang berbeda

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Description

Jurnal Al-Khitabah diterbitkan oleh Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin ...