Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)
Vol 1, No 1 (2015)

MODEL IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN KARAKTER (Studi di SDIT AL-IZZAH Serang)

Siti Muhibah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2017

Abstract

Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Pasal 1 UndangundangSisdiknas tahun 2003 menyatakan bahwa diantara tujuan pendidikan nasional adalahmengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia.Pendidikan yang bertujuan melahirkan insan cerdas dan berkarakter kuat juga pernah dikatakanDr. Martin Luther King, yakni; intelligence plus character.. that is the goal of true education (kecerdasanyang berkarakter adalah tujuan akhir pendidikan yang senbenarnya). Pendidikan karakter adalahpendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan(feeling), dan tindakan (action). Menurut Thomas Lickona tanpa ketiga aspek ini, maka pendidikankarakter tidak akan efektif. Pembelajaran di SDIT Al-Izzah adalah meramu beberapa kurikulumyang kemudian dituangkan dalam kurikulum SDIT Al-Izzah yang memadukan antara kurikulumDiknas, Depag, Yayasan dan JSIT. Adapun model pembelajaran yang diimplementasikan dalambentuk pembelajaran melalui dua kegiatan diantaranya kegiatan indoor dan outdoor. TerdapatSembilan pilar karakter yang berasal dari nilai-nilai yang berasal dari nilai-nilai luhur universal,yaitu: Pertama, cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya; kedua, kemandirian dan tanggungjawab.Ketiga, kejujuran/amanah, diplomatis; keempat, hormat dan santun; Kelima, dermawan, sukatolong menolong dan gotong royong/kerjasama; Keenam, percaya diri/pekerja keras; Ketujuh,kepemimpinan dan keadilan; Kedelapan, baik dan rendah hati, dan Kesembilan, karakter toleransi,kedamaian, dan kesatuan.Hasis analisis diatas bahwa SDIT Al-Izzah Serang dalammengimplementasikan pendidikan berkarakter adalah melalui kurikulum terpadu dengan muatan8 mata pelajaran, 5 muatan lokal, 2 program pengembangan diri, dan 4 target pembiasaan. Adapunkarakter yang dibangun adalah : aqidah yang bersih, ibadah yang benar, pribadi yang matang,mandiri, cerdas dan berpengetahuan, sehat dan kuat, bersungguh-sungguh dan disiplin, tertib dancermat, efisien, dan bermanfaat.Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Sistem Pendidikan, Dan Pendidikan Agama Islam

Copyrights © 2015