DIMENSI
Vol 1 No 1 (2013)

Hubungan Penerapan Metode Ceramah, Diskusi Dan Penugasan Dengan Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran IPS / Sejarah Bagi Peserta Didik

Sunarti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2014

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berdasarkan asumsi dasar bahwa proses pembelajaran dan hasilnya dimungkinkan dipengaruhi berbagai factor, baik factor internal maupun eksternal. Berbagai strategi pembelajaran dengan terapan metode pembelejarann dimungkinkan memiliki kaitan yang signifikan, terutam terapan meetode kombinasi antara metode ceramah, diskusi dan penugasan yang dewasa ini dianggap lebih relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran mata pelajaran IPS. Terapan tersebut seperti yang telah dilaksanakan di ..di SMP Islam Sudirman Ambarawa selama ini. Adapun masalah  yang diteliti adalah tentang kemungkinan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan metode ceramah, diskusi dan penugasan dengan hasil pembelajaran mata pelajaran IPS/Sejarah bagi peserta didik kelas VII di SMP Islam Sudirman Ambarawa pada semester ganjil tahun pelajaran 23009/2010. Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mengetahui tingkat hubungan  antara penerapan metode ceramah, diskusi dan penugasan dengan hasil pembelajaran mata pelajaran IPS/Sejarah bagi peserta didik , khususnya di SMP Islam Sudirman Ambarawa;  dan (2) membuktikan apakah terdapat hubungan   yang positif dan signifikan antara penerapan metode ceramah, diskusi dan penugasan dengan hasil pembelajaran mata pelajaran IPS/Sejarah, khususnya  bagi peserta didik kelas VII  di SMP Islam Sudirman Ambarawa  Kabupaten Semarang  semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Bentuk pendekatan dan terapan metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan olahan data melalui analisis statistika. Sampel penelitian ini ditentukan dengan perhitungan nomogram Herry King sebanyak 48 orang ( peserta didik ) .  kelas VII  SMP Islam Sudirman Ambarawa pada semester ganjil  tahun pelajaran 2009/2010. dengan teknik proporsional random  sampling dari tujuh kelass VII parallel di sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket untuk  variable bebas ( penerapan metode ceramah, diskusi dan penugasan) dan teknik tes untuk data variable terikat ( hasil pembelajaran mata pelajaran IPS/Sejarah). Pengolahan data dilakukan analisis statistika dengan terapan rumus korelasi Product Moment dari Spearman Brown. Hasil penelitian diperoleh pembuktian bahwa terdapat hubungan  yang positif dan  signifikan  antara penerapan metode ceramah, diskusi dan penugasan penerapan metode ceramah, diskusi dan penugasan dengan hasil pembelajaran mata pelajaran IPS/Sejarah bagi peserta didik kelas VII di SMP Islam Sudirman Ambarawa  semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukkan bahwa hasil uji rhitung sebesar 0,548 > rtabel    ( 0,284 untuk araf signifikan 5% dan 0,368 untuk taraf signifikansi 1% ). Dengan demikian terdapat hubungan  yang positif dan  signifikan antara kedua variabel tersebut. Hipotesis kerja ( Ha ) terbukti dan diterima kebenarannya adanya hubungan  yang positif dan signifikan antara penerapan metode ceramah, diskusi dan penugasan dengan  hasil pembelajaran mata pelejaran IPS/sejarah bagi peserta didik kelas VII di SMP Islam Sudirman Ambarawa pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Saran atau rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah : (1) perlunya teknik pengembangan pola pembelajaran yang lebih efektif dan perlunya terapan metode pembelajaran yang lebih relevan dengan muatan bahan ajar, terutama dalam prosesa pembelajaran mata pelajaran IPS/Sejarah agar hasil yang dicapai dapat lebih maksimal.;  (2) perlunya peningkatan pola pengembangan system pembelajaran mata pelajaran IPS/Sejarah yang selama ini gairah dan kesungguhan belajar pada mata pelajaran tersebut belum memuaskan hasilnya. Kata Kunci : Metode, Ceramah, Diskusi, Penugasan, IPS  /  Sejarah

Copyrights © 2013