JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 10, No 2 (2017): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 10 Nomor 2 Agustus

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA MELALUI GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH

Rahmi Ramadhani (Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini memaparkan hasil penelitian yang bertujuan untuk menganalisis: apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika (KPKM) dan kemampuan pemecahan masalah matematika (KPMM) siswa kelas XII SMA YPK Medan yang diajarkan dengan guided discovery learning berbantuan Autograph; serta untuk melihat apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM siswa terhadap KPKM dan KPMM siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA YPK Medan. Sampel pada penelitian ini adalah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa sebagai kelas kontrol melalui metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan dengan ANAVA 2 Jalur. Hasil penelitian diperoleh: (1) Peningkatan KPKM dan KPMM siswa yang memperoleh guided discovery learning berbantuan Autograph lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM siswa terhadap peningkatan KPKM dan KPMM siswa. Kata kunci: Autograph, Discovery Learning, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...