Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)

Sari, Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2017

Abstract

AbstrakPersamaan garis lurus (PGL) merupakan salah satu materimatematika yang sering diajarkan langsung pada pengenalansimbol/notasi dan grafik tanpa mengaitkan manfaatnya dalamkehidupan sehari-hari. Padahal kurikulum yang berlaku sekarangmenuntut suatu pembelajaran yang dimulai dari pengamatanpermasalahan konkret, kemudian ke semi konkret, dan akhirnyaabstraksi permasalahan. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar PGLyang membantu terwujudnya pembelajaran tersebut dan pendekatanPMRI merupakan pendekatan yang dipilih sebagai basispengembangannya karena adanya kesesuaian prinsip dankarakteristik dengan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian inibertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi PGL yang mengacupada tiga prinsip dan lima karakteristik PMRI yang valid dan praktis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah developmentresearch yang mana pengembangannya melalui tahap formativestudy (self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, danfield test). Pengumpulan data dilakukan melalui walk through,dokumentasi, dan tes. Uji coba penelitian ini dilakukan di kelas VII.1SMP Negeri 7 Palembang yang melibatkan 34 siswa. Hasil penelitianini adalah melalui validasi oleh expert dan uji coba one-to-one,diperoleh hasil bahan ajar materi PGL berbasis PMRI yang valid danmelalui uji coba small group diperoleh bahan ajar materi PGL berbasisPMRI yang praktis, dan memiliki efek potensial.

Copyrights © 0000