AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam
Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016

PSIKOLOGIS MAD’U DI ERA MEDIA ELEKTRONIK (Prediksi Perubahan Perilaku Masyarakat)

Farida, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2016

Abstract

Keunikan manusia tidak hanya pada kemampuan kognitifnya, tetapijuga komunikasi dengan simbol-simbol yang saling memahamkansehingga ada keterikatan psikologis. Oleh karenanya, manusia sebagaimad’u dalam proses dakwah dapat mengalami perubahan perilakudalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga seorang da’i memilikipeluang untuk memprediksi dan membentuk perubahan perilakumad’u yang akan mempengaruhi dalam hidup bermasyarakat. Seiringdengan perkembangan teknologi yang canggih, yakni keberadaan mediaelektronik sebagai media dakwah akan membantu tugas seorang da’i. Namun da’i harus tetap memperhatikan psikologis mad’u sebagai manusia yang memiliki keinginan dan kebebasan dalam berperilaku.Sehingga media elektronik (radio dan televisi) sebagai salah satu mediadalam berdakwah dapat dimanfaatkan untuk merubah perilaku mad’uyang memberikan dampak positif dalam kehidupan bermasyarakatyang mengutamakan sifat dasar manusia, yaitu: berkasih sayang,saling menghiormati, tolong menolong. Sifat tersebut tetap diperhatikanmeskipun menggunakan media elektronik untuk memudahkan danmenjangkau masyarakat diseluruh penjuru dunia dalam aktivitasberdakwah. Sehingga tujuan dakwah dengan menggunakan prinsip-prinsip berdakwah agar mad’u memahami agama dengan penuh kesadaran dan menjalankan perilaku agama dengan rasa senang.

Copyrights © 2016