AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam
Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016

TANTANGAN PENERAPAN NILAI-NILAI ETIKA DAKWAH PADA PROGRAM DAKWAHTAINMENT DI TELEVISI

Widiana, Nur Huda (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2016

Abstract

Dakwahtainment sebagai upaya untuk mencari format yang sesuai diera informasi merupakan suatu keniscayaan. Dengan memperhatikankebutuhan masyarakat modern, maka pola-pola dakwah yang memilikiunsur intertainment mendapatkan perhatian dari para pelaku dakwahdan media televisi.Namun keberadaan da’i sebagai orang yang memilikipengetahuan, pemahaman yang luas di bidang agama ketika berhadapandengan media sungguh “tidak berdaya”. “ketidak berdayaan” inidipengaruhi oleh pemilik media yang memiliki tujuan berbeda dariidealisme da’i, sehingga rentan terjadi problem-problem etika dakwahdidalam pelaksanaannya.Mengemas dakwah dengan pola dan bahasayang menghibur merupakan hal yang harus dipertimbangkan sepanjangtidak menghilangkan esensi dan substansi dari dakwah itu sendiri.Sebab bila kemasan-kemasan dakwah itu dipandang sebagai strategi danmetode dakwah, maka sesungguhnya hal itu dapat berkembang sejauhyang diinginkan sesuai konteks ruang dan waktu yang melingkupinya.

Copyrights © 2016