Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10

EFEKTIFITAS PLAY THERAPY DALAM MENGEMBANGKAN KONTROL DIRI SISWA

Purnama Sari, Syska (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kenakalan remaja yang semakin meningkat, hal ini disebabkan karena individu belum memiliki kontrol diri yang baik. Apabila keterampilan kontrol diri dikembangkan sejak dini, maka remaja akan mampu mengendalikan diri dari perilaku-perilaku nakal yang dapat merusak kehidupannya di masa datang. Tujuan penelitian adalah untuk menguji keefektifan play therapy dalam mengembangkan kontrol diri siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Lubuk Ngin. Gambaran umum kontrol diri siswa kelas IV SD Negeri 1 Lubuk Ngin berada pada tingkat kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikansi α = 5%, maka terdapat perbedaan yangsignifikan antara Hasil Pre Test dengan Hasil Post Test yang artinya play therapy efektif dalam mengembangkan kontrol diri siswa SD Negeri 1 Lubuk Ngin.Kata Kunci : Kontrol Diri, Play Therapy

Copyrights © 0000