Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Oktober 2016

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Peranginangin, Gunawan (Unknown)
Siregar, Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah  pada materi pokok Besaran dan Satuan. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain two group pre-test dan pos-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Santo Yoseph Medan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah cluster random sampling, dengan sampel penelitian 2 kelas yaitu kelas X-I sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Hasil analisis data menjelaskan bahwa uji model pembelajaran berbasis masalah  lebih berpengaruh meningkatkan kemampuan belajar pemecahan masalah daripada pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...