Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Oktober 2016

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIPOKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P 2016/2017

Novita, Sri (Unknown)
Wahyuni, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi kinematika gerak lurus  di kelas X semester I SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas X-IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X-IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa soal Essay test dalam ranah kognitif yang terdiri dari 10 soal yang sudah divalidkan oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata afektif dan psikomotorik masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan afektif termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 25,82 dan kelas kontrol adalah 22,38, setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 79,05 dan kelas kontrol 72,8. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung  > ttabel yaitu (2,55 > 1,67), artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi kinematika gerak lurus  di kelas X semester I SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2016/2017.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...