Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi
Vol 4, No 1 (2016): PROMOSI

PENGARUH COOPERATIVELEARNINGTIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION(STAD)TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWAKELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO T.P 2015/2016.

Wakijo, Wakijo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2016

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan penelitian ini metode eksperimen mengguanakan bentuk quasi experiemental design nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIIID SMP Muhammadiyah 1 Metro yang sebanyak 5 kelas dengan jumlah 123 peserta didik. Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Sehingga diperoleh bahwa kelas VIIIDyang berjumlah 24sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE yang berjumlah 27 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana dengan menggunakan   dalam analisis data dapat diketahui bahwa analisis perhitungan nilai tersebut > . Pada taraf signifikan 5% yaitu 9,10 > 1,72 dan pada taraf signifikan 1% yaitu 9,10 > 2,51. Jika  dengan > berarti hipotesisnya diterima. Dan apabila <  berarti hipotesisnya ditolak. Dengan demikian, pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achivement Division terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik Kelas VIII Dsemester genap SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2015/2016 hipotesisnya dapat diterima/ dibuktikan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, e-ISSN: 2442-9449, p-ISSN: 2337-4721, is the Journal of Economic Education University of Muhammadiyah Metro published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, in particular ...