Jurnal Aplikasi Fisika
Vol 12, No 2 (2016): JURNAL APLIKASI FISIKA

PENGGUNAAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS

Luh Sukariasih (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa sebelum pembelajaran dengan strategi konflik kognitif serta untuk mengetahui  perubahan pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 1 Watopute pada materi pokok gerak lurus setelah pembelajaran dengan strategi konflik kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Watopute yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMAN 1 Watopute sebanyak 23 siswa yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh dari dokumentasi dan tes diagnostik pemahaman konsep berupa tes pilihan ganda dengan alasan terbuka. Dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1) persentase jumlah siswa tehadap pemahaman konsep gerak lurus sebelum pembelajaran yaitu: untuk kategori paham konsep sebesar 4,6%, kategori miskonsepsi sebesar 38,8% dan kategori tidak paham konsep sebesar 56,5%; 2) persentase jumlah siswa terhadap pemahaman konsep gerak lurus setelah pembelajaran yaitu: untuk kategori paham konsep sebesar 48,9%, kategori miskonsepsi sebesar 19,7% dan kategori tidak paham konsep sebesar 31,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi penurunan miskonsepsi setelah pembelajaran dengan strategi konflik kognitif pada materi gerak lurus. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JAF

Publisher

Subject

Description

Jurnal Aplikasi Fisika (JAF) terbit pertama kali pada bulan Agustus 2005, diterbitkan dengan frekuensi 2 kali setahun namun karna banyaknya paper yang akan dipublish terutama dari mahasiswa Fisika baik S1 maupun S2 yang telah menyelesaikan tugas akhir mulai Tahun 2017 jurnal ini terbit 3 kali dalam ...