ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Vol 4, No 1 (2016): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Strategi Pembelajaran :Taksonomi Bloom dalam Games Simulation Method di Tingkat Raudhatul Athfal

Pancaningrum, Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran:games simulation method(metode simulasi permainan) menggunakan taksonomi Bloom. Pengajaran bahasa untuk anak usia dini memegang peranan penting dalam perkembangan bahasanya. Strategi pembelajaran yang digunakan untuk membuat anak didik merasa senang dan tanpa beban adalah dengan games simulation method. Taksonomi Bloom adalah alat bagi pendidik untuk mengembangkan kemampuan bahasa secara terstruktur. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka. Taksonomi Bloom memiliki 4 kategori yaitu kategori pengetahuan, kategori analisis, kategori sintesis, dan kategori evaluasi. Keempat kategori ini sangat bagus diberikan dengan games simulation methodkarena akan memancing anak untuk memperluas kosakata yang dimilikinya dengan pengalaman yang menyenangkan berupa permainan. Selain itu, kegiatan ini tidak akan membuat anak tertekan untuk melakukan aktivitas belajar.This study aimed to describe learning strategies: the games simulation method using Bloom's taxonomy. Language teaching for early childhood plays an important role in language development. Learning strategies which used to make students feel happy and carefree is the games simulation method.Bloom's Taxonomy is a tool for educators to develop language skills in a structured way. This study is a library research. The Bloom’s Taxonomy questions have 4 categories such as: the knowledge, analysis category, synthesis category, and evaluation category. This all categories are excelent given with games simulation method because it will make student to wider his vocabularies which is they have with a nice experience in games form. Besides that, this activities will not make student under pressure doing learning activities.

Copyrights © 2016