Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2: Juli 2015

Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN

Ita Nurmuiza , Faad Maonde (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
& Asrul Sani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Motivasi belajar siswa dalam tulisan ini merupakan bagian penelitian dengan judul Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi terhadap hasil belajar matematika SMA di Kota Kendari. Perlunya kajian motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika secara parsial untuk mempelajari sampai seberapa besar korelasi, sumbangan,  kontribusi dan pengaruh variabel motivasi terhadap hasil belajar siswa.  Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI-IA SMA Negeri 2 Kendari tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel berjumlah 90 orang siswa dari populasi  berjumlah 180 orang siswa. Hasil analisis regresi linear dengan menerapkan metode kuadrat terkecil diperoleh hasil sebagai berikut: (i) motivasi belar siswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan korelasi sebesar 0.612; sumbangan sebesar  36.7% serta kontibusi sebesar 0.818 satuan artinya setiap perubahan satu satuan motivasi belajar siswa akan diikuti oleh meningkatnya hasil belajar siswa sebesar 0.818 satuan dalam populasi. Kata kunci :Motivasi, hasil belajar matematika.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...