Journal of Animation & Games Studies
Vol 3, No 2 (2017): Oktober 2017

Perancangan Permainan Simulasi (Game Simulation) Untuk Menilai Tingkat Kematangan Strategi Teknologi Informasi terhadap Strategi Bisnis Dengan Metode IT Balanced Scorecard dan Maturity Model COBIT 4.1

Agnes Karina Pritha Atmani (Prodi D3 Animasi, Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2018

Abstract

Keselarasan strategi Teknologi Informasi terhadap strategi bisnis sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis. Pencapaian keselarasan strategi, sebagai suatu proses yang berkelanjutan, membutuhkan dukungan dari Top Management dan fungsi-fungsi lain dalam perusahaan. Penilaian kematangan tingkat keselarasan strategi TI terhadap strategi bisnis akan digunakan sebagai alat ukur untuk menilai tingkat keselarasan strategi TI terhadap strategi bisnis. Nilai tersebut akan digunakan sebagai langkah awal untuk tindakan perbaikan berkelanjutan.Penggunaan permainan simulasi merupakan gabungan dari dua metode experiential learning, yaitu simulasi (simulation) yang dapat melakukan peniruan dari suatu perilaku atau proses dan permainan (game) yang merupakan aktifitas yang kompetitif. Melaui Experiential Learning pengguna permainan dapat melakukan pembelajaran secara aktif dan memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan pandangan baru mengenai suatu hal.Penilaian kematangan tingkat keselarasan strategi TI terhadap strategi bisnis akan mengacu pada konsep Strategic Alignment Model yang diperkenalkan oleh Henderson dan Venkatraman dan IT-Balanced Scorecard yang dikembangkan Grembergen dan Bruggen. Keduanya memberikan panduan mengenai model-model yang dapat diimplementasikan di perusahaan. Sedangkan penilaian kematangannya berdasarkan kriteria Maturity Model COBIT 4.1 (Control Objective on Information and related Technology) Kata kunci: Permainan Simulasi, Experiential Learning, Teknologi Informasi, Strategi TI, Strategi Bisnis, Strategic Alignment Model-Henderson & Venkatraman, IT-Balances Scorecard – Grembergen & Bruggen, dan COBIT 4.1 Maturity Model. AbstractThe alignment of Information Technology strategy with business strategy is important to achieve business objectives. Strategy alignment, as an ongoing process, requires support from Top Management as well as from other functions in the company. The assessment of maturity level on the alignment of Information Technology with business strategy becomes the measuring tool to assess the alignment of Information Technology strategy with business strategy. The score, then, will be used as starting point in accomplishing continuous repair action.The use of game simulation is a combination of two experiential learning methods, namely simulation that can perform the imitation of a behavior or process and game which is a competitive activity. Through Experiential Learning game users can actively learn and gain new knowledge, insights, and insights about things.The assessment of maturity level of the aligment of Information Technology with business strategy which applied Strategic Alignment Model concept introduced by Henderson and Venkatraman and IT-Balanced Scorecard by Grembergen and Bruggen. Both have given guidelines about several models that can be implemented at company. Moreover, in order to assess the maturity level, this research uses Maturity Model COBIT 4.1 (Control Objective on Information and related Technology.Keywords: Information Technology, Game Simulation, Experiential Learning, Information Technology strategy, Business strategy, Strategic Alignment Model-Henderson & Venkatraman, IT-Balanced Scorecard-Grembergen & Bruggen, and COBIT 4.1 Maturity Model.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jags

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Animation & Games Studies (JAGS) merupakan jurnal interdisipliner mengenai perkembangan riset, rekayasa cipta, studi pustaka maupun kajian di bidang animasi dan game yang termasuk dalam ranah seni terapan media ...