Journal of Animation & Games Studies
Vol 3, No 1 (2017): April 2017

Penciptaan Serial “AKURA-POPO” Episode “SAMPAH” Dengan Teknik Animasi Komputer 2D

Abidin Syamsul Arifin (Program Studi Animasi, Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Arif Sulistiyono (Program Studi Animasi, Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Mahendradewa Suminto (Program Studi Animasi, Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2017

Abstract

 Trash is actually not a new problem on the planet. However, the handling is still less effective in various places around the world. But at least how humans try to reduce the minimum amount of waste. It is the human hand that actually creates the waste itself.The serial animation "Akura-Popo Trash episode" wears the human hand-character design as a picture of the amount of chaos perpetrated by them. 2D computer animation techniques are applied to add artistic value and provide media variations of messengers to the general public Keywords: trash, 2D animation, environmentAbstrak Sampah sebenarnya bukan masalah baru di planet ini. Akan tetapi penanganannya masih kurang efektif di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Namun setidaknya bagaimana manusia berusaha mengurangi seminimal mungkin jumlah sampah. Ulah tangan manusialah yang sesungguhnya menciptakan sampah itu sendiri.Animasi serial “Akura-Popo episode Sampah” memakai desain karakter tangan manusia sebagai gambaran banyaknya kekacauan yang dilakukan oleh mereka. Teknik animasi komputer 2D diterapkan untuk menambahkan nilai seni dan memberikan variasi media penyampai pesan kepada khalayak umum Kata kunci: sampah, animasi 2D, lingkungan 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jags

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Animation & Games Studies (JAGS) merupakan jurnal interdisipliner mengenai perkembangan riset, rekayasa cipta, studi pustaka maupun kajian di bidang animasi dan game yang termasuk dalam ranah seni terapan media ...