Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2: Juli 2015

Pengaruh Pendidikan Ibu Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif

Faad Maonde & Made Arya Dwipayana Putra (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Penelitian eksperimen desain 3x2 faktorial dengan sampel sebanyak 90 siswa, bertujuan mempelajari Pengaruh Pendidikan Ibu Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif yakni Jigsaw-STAD (A1*), TSTS-STAD (A2*) dan STAD (A3) dengan pendidikan ibu SMA (B1) dan bukan SMA (B2) di SMA Negeri 5 Kendari. Hasil Analisis diperoleh berdasarkan statistik uji F pada taraf signifikasi =0.05 menunjukkan  rerata hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif dan pendidikan ibu mempunyai pengaruh yang signifikan.duahipotesis faktor interaksi bersyarat perbedaan rerata hasil belajar matematika untuk siswa yang diajar dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe TSTS-STAD  dengantipe STAD dengan syarat pendidikan ibu (Bj)  mempunyai perbedaan yang signifikan, dan dua hipotesisfaktor interaksi bersyarat lainya mempunyai perbedaan yang tidak signifikan.Kata kunci:pendidikan ibu, kombinasi model pembelajaran kooperatifdan hasil belajar matematika.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...