Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2: Juli 2014

Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah

Lambertus ,Suhar (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
& Ainun Nadzir Lutfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemapuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Randomized Control Group Pretest-Posttest.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposivedan tehnik penentuan kelas secara random. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematik yang signifikan antara siswa setelah diajar menggunakan pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah lebih baik secara signifikan dari peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Koneksi Matematik

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...