Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1: Januari 2012

Kesenjangan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Penerapan Metode Mengajar dan Umpan Balik Penilaian

Faad Maonde (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial bertujuan untuk mempelajari perbedaan rerata respon univariat C(i)-C(j) di mana i≠j serta perbedaan dalam perbedaan (kesenjangan) rerata hasil belajar matematika ditinjua dari  penerapan metode mengajar dan umpan balik penilaian dengan hipotesis statistik: {C(1)-C(2)=C(3)-C(4)}. Empat hipotesis rerata respon univariat berdasarkan analisis statistik Uji-t dengan nilai-p<α=0,01 menolak H0 kecuali hipotesis rerata respon C(3)=C(4) menerima H0.  Kesenjangan hasil belajar matematika berdasarkan statistik Uji-t nilai-p<α=0,01 menolak H0.  Temuan yang menarik ini masih perlu dikaji secara mendalam dalam penelitian berikutnya. Kata kunci: rerata respon univariat, kesenjangan, metode mengajar dan umpan balik penilaian.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...