Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2: Juli 2014

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Assesmen Kinerja terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Program Linear

Anetha LF Tilaar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2 yang bertujuan untuk mempelajari pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted  Individualization (TAI)  dan assesmen kinerja terhadap hasil belajar mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Program Linear. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (i) secara empiris data penelitian mendukung hipotesis penelitian yang diajukan; (ii) berdasarkan statistik uji  F, model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan penerapan assesmen kinerja memberi pengaruh yang signifikan terhadap rata-rata hasil belajar mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Program Linear; (iii) berdasarkan statistik uji t, untuk mahasiswa yang memperoleh treatment pembelajaran model kooperatif tipe TAI dan berbasis masalah, hasil belajarnya berbeda secara signifikan dengan mahasiswa yang memperoleh treatment pembelajaran secara klasikal.Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TAI, assesmen kinerja berbasis masalah.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...