Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2: Juli 2014

Perbedaan Hasil Belajar Ditinjau dari Pembelajaran Kooperatif, Perilaku Berkarakter dan Disposisi Matematis

Fajar Euis Nagara Putri (Unknown)
Faad Maonde (Unknown)
& Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Penelitian eksperimen‍ desain 3x2 faktorial pretest posttest by subject dengan sampel 180 orang siswa bertujuan untuk mengkaji: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran kooperatif dan perilaku berkarakter, (2) disposisi matematis siswa mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika, (3) dengan memperhitungkan kovariat disposisi matematis siswa, interaksi pembelajaran kooperatif dan perilaku berkarakter secara simultan dengan mengontrol kedua faktor utama mempunyai perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis menggunakan Anacova menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika berfluktuasi pada masing-masing sel dalam mendukung hipotesis yang diajukan. Kovariat disposisi matematis berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,606 satuan. Dengan memperhitungkan kovariat disposisi matematis, interaksi pembelajaran kooperatif (TGT, Jigsaw dan STAD) dan perilaku berkarakter secara simultan dengan mengontrol kedua faktor utama mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan.   Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, TGT,  STAD, Jigsaw, Perilaku Berkarakter, Disposisi Matematis Siswa, Hasil Belajar Matematika

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...