Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 1, No 2 (2010): SEPTEMBER 2010

Peningkatan Tuntas Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Fisika dengan Materi Ajar Berwawasan SETS dan Pendekatan SETS Pada Pokok Bahasan Fluida Statis dan Dinamis Kelas XI-IA Semester 2 SMA Negeri 2 Semarang

Sumarno ikip pgri semarang (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2012

Abstract

Nilai Ulangan Blok Semester I tahun ajaran 2006-2007 siswakelas XI IA-3 SMA Negeri 2 Semarang 55% tidak tuntasbelajar Fisika. Hal ini disebabkan karena materi ajar danpendekatan pembelajaran Fisika kurang menarik perhatiansiswa. Untuk meningkatkan jumlah siswa yang mencapaituntas belajar Fisika diberikan materi ajar Fisika berwawasanSETS dengan pendekatan SETS. Dari hasil yang telah dicapaipada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa materiajar berwawasan SETS dengan pendekatan SETS denganpembagian kelompok berdasarkan kemampuan akademikdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan jumlah siswayang mencapai tuntas belajar. Materi ajar Fisika berwawasanSETS dan pendekatan SETS dengan pembagian kelompokberdasarkan kemampuan akademik dapat menjadi salah satumodel pembelajaran Fisika bagi guru.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...