Nilai Ulangan Blok Semester I tahun ajaran 2006-2007 siswakelas XI IA-3 SMA Negeri 2 Semarang 55% tidak tuntasbelajar Fisika. Hal ini disebabkan karena materi ajar danpendekatan pembelajaran Fisika kurang menarik perhatiansiswa. Untuk meningkatkan jumlah siswa yang mencapaituntas belajar Fisika diberikan materi ajar Fisika berwawasanSETS dengan pendekatan SETS. Dari hasil yang telah dicapaipada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa materiajar berwawasan SETS dengan pendekatan SETS denganpembagian kelompok berdasarkan kemampuan akademikdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan jumlah siswayang mencapai tuntas belajar. Materi ajar Fisika berwawasanSETS dan pendekatan SETS dengan pembagian kelompokberdasarkan kemampuan akademik dapat menjadi salah satumodel pembelajaran Fisika bagi guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2010