SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 7, No 4 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TEBING TINGGI TAHUN 2017

Sutrisno, Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2018

Abstract

Kesegaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah tanpa merasa lelah berlebihan dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain. Melalui kesegaran jasmani yang baik, sudah pasti siswa akan mampu dalam menerima dan menyerap pelajaran yang diberikan oleh guru sehingga tujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul dalam segala aspek akan dapat terealisasikan. Permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimana tingkat kesegaran jasmani siswa dan hasil belajar siswa, serta hubungan antara tingkat kesegaran jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa dan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui hubungan antara tingkat kesegaran jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi kelas pilihan yang berjumlah 92 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode survey dengan metode Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan dokumentasi. Data dari hasil tes diolah dengan menggunakan komputerisasi dengan sistem SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan : 1) tingkat kesegaran jasmani siswa putra kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi dalam kategori sedang. 2) hasil belajar siswa putra kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi dalam kategori baik. 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar siswa putra kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi tahun 2017. bagi siswa diharapkan selalu menjaga dan memperbaiki kesegaran jasmaninya sebagai bekal utama melakukan proses belajar. Karena dengan kesegaran jasmani yang baik akan mampu meningkatkan kemauan dan kemampuan dalam menerima dan memahami pembelajaran dengan baik. Bagi guru senantiasa memantauan kesegaran jasmani siswa melalui tes kesegaran jasmani yang mempu menciptakan kesadaran siswa untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan kesegaran jasmani sebagai bekal utama melakukan proses belajar. Bagi sekolah supaya menyediakan perlengkapan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) karena dengan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dapat mengetahui seberapa baik tingkat kesegaran jasmani siswa. Bagi peneliti yang lain dapat menjadikan tulisan ini sebuah referensi guna penelitian dan pengembangan penelitian selanjutnya.Kata kunci : Kesegaran Jasmani dan Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

school

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal countains the result of education research, learning research, and service of the public at primary school, elementary school, senior high school and the ...