SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 4 MEDAN

Huda, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2015

Abstract

Abstrak Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Medan  mata pelajaran ipa. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa IPA yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (64%) mengalami kenaikan hingga tuntas klasiklal pada Siklus II (94.11 %); 2) Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain  membaca (46% ), bekerja (28%), bertanya sesama teman (10%),   bertanya kepada guru (4%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (14%) dan Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain  membaca (33%), bekerja (43%) bertanya sesama teman (15%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (2%). Dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas siswa semakin meningkat pada setiap siklus. Kata Kunci      : Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

school

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal countains the result of education research, learning research, and service of the public at primary school, elementary school, senior high school and the ...