SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 7, No 1 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBUAT ANYAMAN KERTAS PADA SISWA KELAS VII DENGAN METODE DEMONSTRASI DI SMP NEGERI 8 TEBING TINGGI

Situmorang, Bungaran (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang efektif guna meningkatkan Hasil belajar keterampilan siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tebing Tinggi dan aktifitas belajar siswa di kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa 56,34 dengan presentasi ketuntasan 56,90% aktifitas siswa dengan nilai yaitu 56,40, sedangkan persentase kemampuan guru pada siklus I yaitu 50,00% sedangkan hasil pada penelitian siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 69,43 dan presentasi ketuntasan 91,38% sehingga sudah memenuhi indikator kinerja dengan nilai rata-rata aktifitas siswa 66,27 dan presentase kemampuan guru dengan nilai 81,25% dari pelaksanaan siklus diatas ternyata adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 34,48% aktifitas belajar siswa 9,87, serta presentase kemampuan guru meningkat 31,25%. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan, Metode Demonstrasi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

school

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal countains the result of education research, learning research, and service of the public at primary school, elementary school, senior high school and the ...